kitakoki

Cara Mudah Membuat Istimewa Bolu Karamel / Sarang Semut

Bolu Karamel / Sarang Semut. Cara Sederhana Membuat Resep Bolu Karamel Seperti Rumah Sarang Semut. Kalau dilihat dari warnanya, kue satu ini mungkin memang tidak terlalu menarik. Warnanya yang hitam pasti membuat banyak orang beranggapan bahwa kue karamel ini adalah kue yang gosong.

Bolu Karamel / Sarang Semut Yuk, simak seperti apa cara membuat sajian kue bolu caramel sarang semut dibawah ini. Cara membuat bolu karamel sarang semut : Masakgula pasir dengan wajan diatas api kecil. Masak hingga berwarna cokelat gosong. angkat dan potong kue sesuai dengan selera. You can cook Bolu Karamel / Sarang Semut using 10 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Bolu Karamel / Sarang Semut

  1. It's 1 gelas of gula pasir.
  2. You need 1 gelas of air mendidih.
  3. You need 1 gelas of tepung terigu.
  4. You need 1 sdm of maizena.
  5. Menyiapkan 4 btr of telur.
  6. It's 1/2 sdt of baking soda.
  7. You need 1/4 sdt of baking powder.
  8. Menyiapkan 1/4 sdt of garam.
  9. Menyiapkan 80 gr of kental manis.
  10. Menyiapkan 75 gr of margarin, lelehkan.

Bolu karamel sarang semut siap untuk di sajikan. Kue sarang semut dikenal juga dengan kue bolu karamel dan cara membuat kue sarang semut juga relatif mudah seperti membuat kue bolu pada umumnya. Untuk membuat kue bolu karamel sarang semut ini tidak memerlukan mixer untuk mengocok adonan jadi tak perlu bingung kalau anda tak. Kue Sarang Semut atau sering juga disebut Bolu Karamel ini adalah salah satu kue wajib yang biasa dihidangkan saat ada acara kumpul-kumpul seperti arisan, tahlilan, dll.

Bolu Karamel / Sarang Semut step by step

  1. Panaskan gula hingga meleleh menjadi karamel, lalu masukan air mendidih Secara parlahan (hati² meletup dan muncrat) rebus hingga gula karamel larut. Sisihkan hingga uap panasnya hilang..
  2. Panaskan oven dengan api sedang. Kocok telur dengan whisk, lalu tambahkan terigu, maizena, baking soda, baking powder dan garam, aduk hingga tercampur rata..
  3. Tambahkan gula karamel, aduk hingga rata dan licin. Tambahkan margarin cair, aduk rata. Terakhir masukan kental manis, aduk rata. Hasil adonan menjadi encer..
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di oles margarin dan tabur terigu atau oles karlo (saya menggunakan loyang tulban ukuran 20 cm).
  5. Panggang hingga matang sekitar -/+ 45 menit. panas oven sesuaikan kompor masing², tes tusuk kematangan dengan tusuk sate bila tidak ada yang menempel tandanya sudah matang. Bolunya bersarang banyak mirip seperti sarang semut..

Rasanya yang manis, cocok dinikmati bersama teh favoritmu. Yuk kita coba membuat kue bolu karamel atau bisa juga di sebut dengan kue sarang semut ini. Panaskan gula pasir di atas wajan dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan. Tambahkan air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Kue bolu sarang semut atau yang biasa disebut dengan cake Karamel memang memiliki cita rasa tersendiri bila dibandingkan dengan kue bolu yang Disebut bolu sarang semut karena bentuknya yang berongga - rongga menyerupai sarang semut.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Popular Posts